Tuesday, March 26, 2013

Wisata Goa Gong Pacitan

Jawa Timur adalah salah provinsi di Indonesia yang juga kaya akan objek wisata dan salah satu objek wisata yang paling terkenal adalah Wisata Gua Gong Pacitan yang letaknya memang di kota pacitan. Goa Gong ini merupakan salah satu keindahan alam Indonesia yang begitu mempesona. Gua ini termasuk gua horizontal yang panjang nya sekitar 256 meter. Tiap tahun nya ada ada saja wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke Gua Gong ini, berikut lebih lengkap mengenai objek wisata tersebut.



Gua Gong ini terletak di desa Bomo,  kecamatan Punung, Pacitan dan jika anda berangkat dari pusat Kota Pacitan, makan jarak tempuh anda ke tempat ini adalah sekitar 30 Km dengan jalur yang lumayan ekstrim. Berbicara mengenai sejarah Gua Gong ini, dulunya penduduk desa setempat sedang mengalami kekeringan, akhirnya dua orang kakek yang bernama Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo berinisiatif untuk mencari sumber air, dan sampailah mereka menemukan Gua Gong ini.

Kedua kakek tersebut berjalan menelusuri gua dengan obor yang terbuat dari daun kelapa, kemdian akhirnya menemukan sumber air setelah menghabiskan 7 ikat obor, gua ini lebih tepatnya ditemukan pada tahun 1930. Yang berbau 'mistis' dari gua ini adalah bunyi gong yang bisa dihasilkan dengan menabuh sebuah batu yang berada di salah satu ruang di gua ini, dan karena itu juga Gua ini dinamakan sebagai Gua Gong, dan hal tersebut juga membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi Wisata Goa Gong Pacitan ini.

Yang lebih menarik lagi, Gua Gong ini adalah terbaginya beberapa ruangan yang memiliki nama sendiri, ada juga ruangan ruangan pemandian (sendang) yang berisi air jenrnih dan sejuk dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, kemudian ada juga ruang gua yang berisi batu kristal dan marmer yang nyaris mendekati sempurna. Nah, ada juga ruangan yang paling luas diantara ruangan lainnya yang sudah pernah dijadikan sebagai tempat konser empat negara (Swiss, Indonesia, Australia, Prancis) yang diadakan demi mempromosikan salah satu warisan alam yang begitu mempesona ini. Nah, apakah anda tertarik untuk mengunjungi Objek Wisata Gua Gong Pacitan ini ?

1 comment: